Pages

16 Agustus 2006

Dirgahayu Republikku!


Bulan Agustus merupakan bulan berserjarah bagi bangsa Indonesia. Lewat hasil jerih payah parah pejuang dalam mengantarkan kemerdekaannya. Kini Indonesia memasuki usia 61 tahun. Usia yang seharusnya matang, dan bijak dalam menyikapi berbagai keadaan yang terjadi di Indonesia. Indonesia saat ini telah banyak diuji dan banyak terdapat cobaan yang kerap menimpa bangsa Indonesia. Mulai dari bencana alam, krisis, kekeringan, penyakit, dan kelaparan.

Bangsa yang seharusnya maju, kini sibuk mengurusi keporak-porandaan di negeri sendiri. Apalagi setelah diguncang gelombang tsunami yang dahsyat, menewaskan ratusan ribu korban jiwa. Keadaan itu seperti perang, bangunan hancur lebur, rata dengan tanah. Dan ketika diguncang gempa, tsunami, gunung meletus .Keadaan Indonesia sepertinya tidak berdaya. Lalu timbul lagi bencana lumpur panas.

Kita sebagai warga Indonesia, tidak hanya berdiam diri dalam menyikapi keadaan itu, kita harus membantu mereka yang saat ini masih dalam pengungsian meratapi harta dan jiwa yang telah hilang ditelan bumi.

Seharusnya ini mendorong kita agar lebih baik, lebih bekerja sama, karena selama ini mungkin kondisi Indonesia telah menyimpang jauh dari tatanan nilai luhur yang telah dianut sejak ratusan tahun. Saat ini memang banyak terjadi degradasi moral, dan norma kesopanan telah luntur ditelan arus globalisasi.

Lewat bencana, mungkin Tuhan memperingatkan kita, agar kembali ke tatanan luhur dan nilai yang baik, kembali ke jalan yang lurus.

Indonesia sudah 61 tahun, kita semua berharap, di tahun kedepan Indonesia semakin membaik, dari tahun-tahun yang sebelumnya!!

Dirgahayu Indonesia !!!

0 komentar:

 

Labels